4 Keunggulan Integrasi Portofolio Guru dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

 Platform Merdeka Mengajar (PMM) menyediakan fitur integrasi portofolio guru. Apa saja keunggulan integrasi portofolio guru dalam Platform Merdeka Mengajar tersebut?

Sebelum membahasnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu PMM. Dikutip dari laman Kemdikbud, PMM adalah platform edukasi yang dibuat untuk menggerakan tenaga pendidik Indonesia dalam mewujudkan pelajar Pancasila.

PMM menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Di platform ini, para guru juga bisa mengembangkan diri dengan membuat portofolio sebagus mungkin. Portofolio tersebut dapat disimpan dan diintegrasikan ke sistem, sehingga lebih mudah untuk diakses. Untuk mengetahui keunggulan fitur integrasi portofolio ini, simak pemaparan berikut.

Keunggulan Integrasi Portofolio Guru dalam Platform Merdeka Mengajar

Kemdikbud menyediakan fitur portofolio untuk memudahkan para guru mengumpulkan dokumentasi hasil karyanya. Sehingga, guru bisa mencantumkan prestasi, hasil kerja, pelatihan, dan pengalaman kerjanya.

Dengan adanya integrasi, portofolio dapat tersimpan dengan baik dan tidak hilang begitu saja. Berikut beberapa keunggulan integrasi portofolio guru dalam PMM yang bisa dirasakan:

1. Mempermudah akses

Karena sudah terintegrasi, portofolio guru jauh lebih mudah untuk diakses. Guru juga bisa mengelolanya secara online kapan saja dan di mana saja. Fleksibilitas yang ditawarkan dapat memudahkan guru untuk menampilkan hasil kerja dan prestasi terbaiknya melalui fitur portofolio tersebut.

2. Memungkinkan guru untuk refleksi diri

Menurut buku Model Pembelajaran Kontemporer susunan Dr. Amin, dkk., portofolio didefinisikan sebagai kumpulan atau gabungan informasi yang mencerminkan hasil kerja seseorang. Portfofolio dapat berisi rangkuman prestasi, capaian, dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan.

Dengan adanya portofolio ini, guru dapat belajar untuk merefleksikan dirinya. Mengevaluasi capaian yang selama ini dilakukan, apakah sudah maksimal atau belum.

Sehingga, ketika program sudah selesai, guru bisa mendapatkan hasil asesmen yang memuaskan. Ia pun bisa melihat perkembangan capaiannya selama mengikuti atau terlibat dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM).

3. Meningkatkan keterampilan digital guru

Semua fitur yang tertera dalam PMM, termasuk integrasi portofolio, harus diakses secara online. Sehingga mau tidak mau, guru harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi supaya bisa mengakses fitur tersebut.

Tentu, keharusan ini dapat membantu para guru untuk meningkatkan keterampilan digitalnya. Terlebih bagi guru senior yang belum piawai dalam menggunakan gadget atau internet. Guru yang bertugas di desa-desa terpencil juga bisa turut serta merasakan kemajuan teknologi tersebut.

4. Melihat progres capaian

Poin terpenting dalam integrasi portofolio ini, guru dapat melihat progres capaiannya masing-masing. Sehingga, ia bisa merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisinya. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan hasil asesmen yang optimal.

Sumber: kumparan.com

Last modified on Saturday, 24 February 2024 04:25

Login to post comments
Go to top